Jumat, 02 November 2012

Cinta kartun dan lingkungan ^_^



Baru saja, aku menonton kartun doraemon, selalu…tak pernah bosan aku menontonnya, pasti ada saja hal yang seru dan menarik. kalau dipikir-pikir film doraemon, banyak memberikan pesan positif terhadap lingkungan, hampir disetiap bagian ada hal tentang pelestarian lingkungan. Benar-benar unik, dan tanpa disadari menanamkan pikiran kepada anak-anak kecil, untuk mencintai alam lingkungannya. Aku suka sekali cerita yang hari ini, tentang manusia langit, kerajaan surga di langit, kehancuran bumi tapi tidak jadi karena kita diberi kesempatan untuk memperbaiki.

Aku ini sudah umur 20 tahun, tapi masih sangat suka nonton film cartoon, kenapa? Karena lucu, penuh warna, menarik, kadang banyak pesan moril yang bisa kita ingat selalu, itulah kenapa kartun yang aku suka itu kayak film doraemon, ice age, kungfu panda, aduh lupa judulnya yang itu yang ada lion2nya itu aku juga suka, tinkerbell (best my favorite) sampe2 ostnya aku suka banget. (nonton berulang kalipun tak pernah bosan hehe…)

Tapi, kembali ke doraemon, aku jadi terus teringat tentang kelestarian alam. Kita diturunkan dimuka bumi ini kan sebagai khalifah-pemimpin. Sudah seharusnya kita memimpin bumi ini menjadi lebih baik, dengan tidak merusaknya, tapi membudidayakan. Kartun jepang memang penuh makna dan inspiratif, oya di TVRI aku juga suka dengan kartun jepang dan dalam bahasa jepang pula yang “3 orang sekawan itu”

Mungkin kita bisa mulai dari hal kecil, dari diri kita sendiri dulu untuk menjaga alam. Bayangkan berapa ton sampah plastic setiap hari yang dibuang manusia? Berapa pohon yang ditebang?

Mungkin hari ini kita bisa mengurangi untuk tidak memakai plastic berlebihan, memakai kertas dengan hemat dan tak membuang-buangnya, atau bisa jadi didaur ulang.

Bayangkan berapa banyak plastic yang tertimbum di TPA setiap hari sampai terbawa ke samudra pasifik, lalu pohon yang ditebang dan diolah menjadi kertas, ada berapa banyak pohon yang mati? Sayang sekali, lalu orang tua kita membelikan kita buku sekolah, lantas tanpa kita baca dan pelajari, lalu lambat laun buku itu usang dan dimakan rayap sia-sia.

Jangan engkau sia-siakan hidup, bersikaplah lebih peduli. Jaga mata dan pikiran kita untuk tetap terbuka!
#GoGreen JJJ

1 komentar:

bvbv mengatakan...

anime and manga yang bagus itu wild base ballers

kartun kdang bisa mempromosikan budaya suatu negara

n adat disetiap tmpat