Selasa, 29 November 2011

Cara Membaca Kilat



TAHAP MEMBACA YANG BAIK :

1.       Melakukan tinjauan awal atas buku
a.       Judul dan pengarang à membantu anda mengingat asal informasi
b.      Teks di sampul depan dan belakangà give you feel to respon the book
c.       Daftar isià memberikan gambaran umum--what you read
*pastikan anda memang butuh buku itu
2.       Membuat Tujuan membaca, how? Make questions:
a.       Apa yang bisa saya dapatkan dari buku ini?
b.      Apa yang penting dari buku ini?
c.       Apakah saya perlu mendalami buku ini atau hanya cukup mengetahuinya saja?
d.      Berapa lama waktu yang saya berikan untuk membaca buku ini?
e.      Apa yang bisa diterapkan dalam kehidupan saya dari buku ini?
f.        Apa yang penting yang bisa meningkatkan nilai ujian saya nanti?
3.       Waktunya BACAKILAT:
  • 1)      Kondisi Genius
  •  2) Pandangan Mata Reseptif
  • 3)      Afirmasi
  • 4)      Bacakilat
  • 5) Tutup

6)      Afirmasi dan Visualisasi
§  Afirmasi dalam kondisi genius, tell yourself:
*      Selama saya baca kilat, konsentrasi saya semakin tinggi
*      Saya semakin rileks
*      Memori jangka panjang saya menerima semua yang saya bacakilat dengan sempurna
*      Saya dengan mudah bisa menyadari dan mengaktifkan informasi yang telah saya bacakilat ini kapanpun dimanapun saya membutuhkannya.
*      Katakan tujuanmu dalam membaca buku tersebut
§  Visualisasià Bayangkan apa yang Anda inginkan
Otak tidak bisa membedakan mana yang kenyataan dan imajinasi. Begitu otak mendapatkan gambaran mental, ia akan langsung melakukannya dengan baik. Lalu pikiran bawah sadar akan melakukan perintah, dan memori jangka panjang sebagai pelaksana.
a.       Apa yang bisa Saya terapkan dalam kehidupan saya dari bab BACAKILAT ini?
è Ayu bisa baca buku pelajaran kuliah; ekonomi, pajak, akuntansi, semuanya dengan selesai dan ayu bisa mengingatnya dengan baik.
è Ayu juga bisa melahap koran-koran, jurnal ilmiah^^
è Ke gramedia tinggal numpang baca selesai bukunya.
b.      Manfaat manfaat apa yang bisa saya dapatkan dengan menerapkannya ke dalam kehidupan saya?
è Ilmu ayu semakin bertambah banyak dengan cepat
è Ayu semakin cerdas dan paham apa yang ayu baca
è Meraih IPK terbaik
è Ayu lebih hemat waktu dan uang----> tinggal numpang baca koran di perpus ga perlu beli, dengan waktu senggang yang terbatas ayu bisa menyelesaikan beberapa buku dengan cepat dan ligat dengan pemahaman yang tinggi.
è Ayu bisa mengejar ketinggalan dari teman-teman.
è Bahasa Inggris ayu semakin mantap dan OK!
è TOEFL bisa mencapai  >560
7)      Masa Inkubasi----> yaitu dengan tidur REM
Tidur yang cukup adalah cara untuk memberikan nutrisi pada otak kita, ini adalah proses otak dalam menyambung informasi yang kita dapatkan & mengendapkan informasi yang kita serap dari BACAKILAT.
*) tidur dengan keadaan gelap
8)      Menggali Intuisi kita----> Like Albert Einstein, mendengarkan dan mempercayai intuisinya.
1)      4 hal yang dicirikan dari Intuisi:
*      Berkomunikasi dengan bahasa perasaanà jika perasaan kita positif, trust for you’r intuition.
*      Cepat dan Spontanà terkadang kita berpikir tanpa berpikir.
*      Bersifat holistisà artinya tubuh, pikiran dan perasaan working together.
*      Berupa hipotesis
You can get a book in 15 minutes! Wew amazing….than in 1 hour to 3 book.


4.       AKTIVASI
1)      Manual
2)      Otomatis----> it’s so great, bayangkan di saat anda butuhkan semua informasi dapat kita keluarkan secara otomatis

1)      Cara aktivasi manual :
*) menggunakan pikiran sadar
a.       Meninjau ulang buku----> Lakukan dengan cepat, dan timbulkan rasa penasaran pada buku tersebut
b.      Menangkap informasi penting---> Proses memindai (siapkan kertas+alat tulis)
·         Memindai
o   kira-kira 10—15 detik/halaman
o   percayakan pada intuisi
*) Jika timbul perasaan ingin membaca kata demi kata, katakan pada pikiran sadar, “Ya, terima kasih, saya sedang mempraktikkan Bacakilat”
·         Cari kata yang menarik----> jelajahi kata menarik tersebut
*) bisa ditandai dengan stabillo
·         Aktiflah bertanya
c.       Mengintegrasikan ke dalam mindmapping
Di kertas HVS horizontal, make topic in center
d.      Membaca ekspress
*)jika masih ingin dan memerlukan informasi yang lebih mendalam.
**) Kamusà
Anda bisa membaca kilat kamus berulang-ulang dan dengan menentukan tujuan Anda yang jelas. Misalnya, Anda ingin meningkatkan kosakata Anda dalam bahasa asing. Kemudian bacalah buku berbahasa asing tersebut. Anda akan lebih sering mendapatkan intuisi makna yang disampaikan dalam kosakata itu. Anda akan menjadi lebih mudah mengerti dan juga cepat dalam membaca.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Ayu itu dari dari baca buku atw setelah ikut workshop baca kilat. Sy punya bukunya apa itu cukup untk di pelajari.

Masalah Tekno mengatakan...

Makasih kak cara membaca kilat per halamannya mudah dipahami dan mudah dipraktekan, makasih kak sukses terus.

Unknown mengatakan...

Bagus sekali....
Sy tertsrik utk blajar baca kilat

Unknown mengatakan...

Sy kesulitan msuk tahap jenius mhon bimbingan thx

Unknown mengatakan...

Mhon bimb mell sms ini